About me

Foto Saya
Putri Wulan Ramadhan
hi para blogger... ini blog ke-2 gw... gw punya 2 blog. Blog pertama gw http://putriwulan50.blogspot.com n' ini blog ke-2 gw.. http://pwulanramadhan.blogspot.com Dua2 nya aktif. Tapi yang paling sering gw update sih blog ke-2 gw... Jadi, selamat membaca... :)
Lihat profil lengkapku
Feeds RSS
Feeds RSS

Kamis, 13 Mei 2010

seputar tato

Gak sedikit orang yang masang tato di sekitar tubuhnya. Kata orang sih tato itu seni. Jujur aja. Gw sendiri juga suka banget sama tato. Bikin badan jadi keliatan gimana gitu...
Kalo kita mau psang tato, biasanya ada 2 pilihan yang bakalan ditawarkan. Mau yan permanen atao yang temporary...

Lho? apa bedanya? sama2 nempel dibadan kan? palingan perbedaannya kalo permanen gak bakalan bisa ilang kecuali pake laser dan semacamnya. Sedangkan temporary juga gak bakalan lama nempel di badan kita, karena sifatnya cuma sementara dan cuma bertahan paling lama 2 minggu. Sebenernya apa sih kepuasan yang didapet dari orang2 yang suka banget pasang tato? baik yang permanen atopun yang temporary? Terus gimana sih fatwanya dimata ulama dan agama?

Menorehkan sebuah motif tato ke dalam tubuh adalah sesuatu yang sifatnya sangat personal dan dilakukan dengan kesadaran penuh. Bukan untuk pamer dan membuat kening orang berkerut-kerut seperti yang masih terjadi sekarang. Mungkin cuma waktu yang bakalan melunturkan keheranan2 itu. Bagi para pemakainya, kayak ada semacam kebanggaan sendiri waktu nunjukkin tato yang mereka pasang. Bahkan, ada semacam ketagihan sehingga banyak dari pengguna tato terus mencari motif-motif baru yang akan menghiasi tubuhnya.

Kalo mau ngomong soal fatwa dan agama, agak sensitif sebenernya. Belum lama ini kita dikejutin sama pelurusan rambut yang diharamkan. Terus gimana donk sama tato? Seperti rambut yang dilurusin yang pernah dibilang haram, nyatanya masih banyak orang yang tetep ngelakuin untuk meluruskan rambut mereka yang keriting (termasuk gw, hehehe). Nah, kalo tato kan pasti udah ada dari jaman gw belom lahir. Apakah termasuk haram atau gak?

Gw dapet informasi soal fatwa ulama mengenai tato. Tato Adalah Diharamkan
Asy Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin Rahimahullaah ditanya :
Apa hukum tato dan jika anak perempuan masih kecil ditato apakah itu berdosa?
Beliau memberikan jawaban :
Tato adalah haram bahkan ia bagian dari dosa besar, karena nabi telah melaknat orang yang mentato dan yang minta ditato (disepakati oleh Imam Bukhari dan Muslim, pent). Jika ada anak perempuan masih kecil diberi tato dan dia tidak mampu mencegah dirinya dari pentatoan maka tidak ada dosa atasnya, dan sesungguhnya dosa itu dibebankan atas orang yang melakukan hal itu padanya, karena Allah tidak membebani jiwa kecuali menurut kemampuannya.

Hmm...
Jadi bisa kita ambil kesimpulan kalo tato itu termasuk haram. Terus gimana donk sama orang2 yang udah terlanjur masang tato? termasuk gw sih sebenernya walaupun tato temporary. Soalnya biar bisa ganti2 gambar yang lain. Hehehehe..
Tato diharamkan krn menghalangi air wudhu ke kulit, sedangkan wudhu itu wajib bwt melaksanakan shalat. selain itu dlm proses pembuatan tato juga ada unsur perusakan dan sakit di badan. Blom lagi klo gambarnya gambar2 ga bener (kaya cewek telenji).

Yaaahhh...
gw sih juga gak bisa bilang apa2. Karena gw sendiri juga masang, terus gw juga menjalankan ibadah gw(walaupun bolong-bolong :)), gw cuma bisa bilang wallahu'alam bish shawab deh.

Sumber : google

0 komentar:

Posting Komentar